Senin, 20 Januari 2014

Sebab - Sebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasi Bau Mulut


Bau mulut adalah bau tidak sedap yang timbul atau keluar dari mulut kita. Gara gara bau mulut tentunya kita gak akan percaya diri dalam berbicara ataupun ngobrol dengan orang lain. pasti dalam hati anda brrtanya-tanya , kenapa ya bau mulut ini gak hilang-hilang, kan saya sudah sikat gigi walaupun 2 kali seminggu.. Wah wah wah jangan harap deh kalau kita sikat gigi 2 kali dalam seminggu bisa menimbulkan bau sedap di mulut..Nih saya akan berikan penyebab penyebab kenapa sih mulut kita bau? Mungkin ini penyebabnya :



Yang pertama, jarang meyikat gigi. Ingat kalau kita jarang sikat gigi sesosok bakteri akan berkumpul di sekitar gigi kita. ada yang tau bakteri itu ngumpul di gigi kita mau ngapain ? Maen kartu,reunian sesama bakteri atau ngapain? Tentunya mereka berkumpul itu untuk menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Memang kalau yang namanya bakteri itu selalu bergaul dengan hal-hal yang bebau tak sedap. jadi rajin rajinlah dalam menggosok gigi. Ingat pakenya sikat gigi yaa jangan sikat wc.. haha   .

Yang kedua, Jarang sarapan atau melewatkan sarapan. Kenapa bisa demikian, karena sarapan pagi dapat membantu anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari sesosok bakteri penyebab bau mulut..

Yang ke tiga, Masalah hati. ingat masalah hati di sini bukan membahas tentang perasaan anda yang hatinya lagi sakit atau galau, itu beda lagi pembahasanya. kembali ke topik, maksud dari masalah hati ini yaitu Masalah hati, seperti sindrom lemak hati atau penyakit kuning.Itu semua bisa menimbulkan bau tak sedap di mulut. Hati ini bertanggung jawab untuk metabolisme lemak dan ketika hati tidak mampu melakukan tugas itu, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat.

Yang ke empat, Sariawan. ini penyakit yang lumayan menyiksa, gara gara sariawan tentu kita jadi gak nafsu makan. Bukan itu saja ternyata sariawan bisa berkontribusi dalam menciptakan bau tak sedap di mulut ini di karenakan pembentukan nanah dan infeksi.

Yang ke lima, Pendarahan pada gusi.Gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap.

Yang ke enam, Infeksi tenggorokan. Bagi anda yang menderita penyakit seperti ini bakteri kadang-kadang memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap.

Yang ke tujuh, Gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.

Yang ke delapan, Diet. bagi anda yang sekarang sedang mengikuti program diet. nih alasan kenapa diet bisa menimbulkan bau mulut, ya karena Makanan yang kaya protein bisa memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri mulut.

Yang ke sembilan, Minum alkohol.bagi anda yang suka mabuk mabukan nih Kenapa sebabnya? karena  Minum terlalu banyak alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah. Air liur biasanya bertindak sebagai media untuk menghapus bau yang dipicu oleh bakteri di dalam mulut.

Yang terakhir, Obat. kenapa kok obat bisa menimbulkan bau tak sedap di mulut? begini nih Beberapa obat dapat mengeringkan mulut. Obat anti-depresan dan penghilang rasa sakit dapat mengeringkan mulut. Dengan tidak adanya air liur, bau mulut akan meningkat.

Itu dia penyebab kenapa mulut kita itu bau.. Kalau begitu gimana dong agar mulut kita gak bau lagi. nah iya benar, di artikel ini saya akan memberikan cara kepada anda cara-cara menghilangkan bau tak sedap di mulut secara alami. Berikut cara-caranya :

Yang pertama, Menggunakan jeruk nipis. Apa hubuganya dengan jeruk nipis? nih saya jelaskan caranya Caranya adalah dengan mencampur bahan air perasan jeruk nipis secukupnya mengunakan madu murni. Setelah kedua bahan tercampur rata. minumlah air ini secara rutin setiap harinya agar bau mulut anda dapat teratasi secara permanen. Cara ini sudah terbukti sangat mujarab, silahkan barang kali  anda mau mencobanya di rumah.

Yang ke dua, menggunakan rebusan air sirih. memang yang namanya daun sirih itu bayak sekali manfaatnya khususnya dalam memberantas bau bau tak sedap di setiap bagian tubuh kita. ini salah satu manfaatnya yaitu menghilangkan masalah bau mulut. Caranya sangat mudah hanya menyiapkan bebera lembar daun sirih yang sudah tua, remas daun, sampai berlendir,  rebuslah dengan air bersih sampai mendidih. Dinginkan dan gunakan untuk kumur-kumur setiap hari. Sok silahkan di coba.

Yang terakhir, Selalu sedia permen dalam kantong. ko bisa demikian ya ? penasaran kan, berikut alasanya. Salah satu cara yang paling darurat dan paling cepat adalah dengan menyiapkan permen mint dikantong, jika bau mulut sudah melanda, makanlah satu buah permen untuk mengurangi rasa bau pada mulut anda.Ini adalah hal yang biasa di lakukan remaja sebelum ketemu si doi.. Hayoo ngaku?  hahaha..

Demikianlah sedikit penjelasan tentang masalah bau mulut yang bisa saya bagikan untuk anda. mungkin ada cara lain yang menurut anda lebih efektif dalam menghilangkan bau mulut sok mangga di coba itu hak anda dalam memilih mana cara yang lebih cocoknya. Sekian saja dari saya, jikalau ada salah salah kata dalam menulis artikel ini saya mohon maaf. moga saja artikel yang sederhana ini bisa membantu anda dalam memecahkan masalah bau mulut ini.   

Referensi : http://trik-tips-sehat.blogspot.com/
                http://www.merdeka.com/sehat/10-penyebab-bau-mulut-yang-jarang-diketahui.html

             

Ditulis Oleh : sofyan Hari: Senin, Januari 20, 2014 Kategori:

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Tentang Makna Kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar dan memberikan tanggapan kamu di posting ini. Kamu juga dapat berlangganan newsletter gratis kami untuk menerima semua posting "Tentang Makna Kata" secara langsung melalui e-mail.