Senin, 20 Januari 2014

Sebab - Sebab Gejala Insomnia dan Cara Mengatasinya


Insomnia adalah gejala atau penyakit kelainan dalam tidur. biasanya orang yang susah sekali memejamkan mata saat tidur, padahal badan sudah pegel mata ngantuk tapi tetep saja susah untuk tidur, hati - hati itu adalah gejala yang di namakan gejala insomnia. Di dalam artikel ini saya akan berbagi kepada anda penyebab terjadinya insomnia. Beriku sebabnya :

1. Stres atau cemas. 

Ingat waktu tidur itu gunanya untuk istirahat, Baik istirahat untuk badan kita dan tentu otak kita juga perlu istirahat. jika sudah waktunya untuk tidur kita di larang memikirkan sesuatu hal yang tak semestinya harus kita pikiri, misal memikirkan masalah percintaan , utang yang menumpuk atau mungkin masalah pekerjaan kantor. jadi jangan harap anda akan tidur nyenyak jikalau masih memikirkan hal tersebut.

2. Depresi

ini masi satu saudara dengan stress bahkan lebih ekstrim lagi, Orang yang depresi bisa menimbulkan keinginan untuk tidur terus menurus sepanjang waktu mungkin kalau bisa jangan sampe bangun lagi. karena bagi orang yang depresi ini menginginkan yang namanya lepas dari masalah atau beban hidup yang di embanya. jadi hati-hati karna depresi itu bisa mengakibatkan insomnia dan sebaliknya insomnia juga bisa membuat anda depresi.

3. Kelainan- Kelain kronis

Maksud dari kelainan ini adalah kelainan tidur seperti tidur apnea,diabetes,sakit ginjal, Arthritis atau penyakit mendadak yang menyebabkan kita sulit sekali untuk tidur.

4. Efek samping obat

obat untuk penyakit apapun itu pasti ada efek sampingnya, dan salah satu efek sampingnya itu tadi sulit tidur atau Insomnia.

5. Cafeein

minuman yang berbahan cafeein yaitu kopi,teh,atau coklat yang biasanya menjadi jamuan di malam hari ini bisa menimbulkan insomnia juga, di karenakan Cafeen mengandung zat stimulan maksud dari stimulan adalah obat-obatan yang menaikkan tingkat kewaspadaan di dalam rentang waktu singkat. Stimulan biasanya menaikkan efek samping dengan menaikkan efektivitas, dan berbagai jenis yang lebih hebat sering kali disalahgunakan menjadi obat yang ilegal atau dipakai tanpa resep dokter. Stimulan yang disalah gunakan tersebut dapat digolongkan dalam kelompok narkotika.  

6. Pola makan yang buruk

Pola makan yang tidak teratur juga bisa membuat kita merasakan gejala insomnia. Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan berat sebelum beranjak tidur dapat menyulitkan anda untuk tidur. 

7. Usia lanjut 

bagi orang tua yang berumur 60 tahun ke atas biasanya sering susah tidur atau insomnia

8. Wanita hamil 

Diperkirakan 78 persen wanita mengalami kesulitan tidur saat hamil. Perubahan hormon yang terjadi ketika hamil adalaha merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan ketidaknyamanan sehingga akan berefek dan menyebabkan berkurangnya jam tidur. Meningkatnya progesteron membuat ibu hamil lebih mengantuk di siang hari terutama pada trimester pertama. Bumil yang obesitas juga kerap tidur mendengkur dan sering ke kamar mandi saat malam hari. Keadaan ini menyebabkan berkurangnya jam tidur. 

Inilah sebab - sebab kenapa anda sulit sekali untuk tidur atau insomnia. dan gimana mengatasi insomnia tersebut? ada beberapa cara untuk mengatasinya, dan Berikut cara mengatasinya :


1. Tidur pada jam yang sama di waktu malam

misal anda tidur jam 8 atau jam 9 malam dan cobalah lakukan hal ini terus menurus di malam-malam selanjutnya, agar waktu istirahat atau tidur anda teratur.karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.

2. Tingkatkan aktifitas anda di siang hari

Kalau anda sering melakukan kegiatan atau aktifitas di siang hari, pada malam hari tubuh kita akan cepat lelah. dan tentunya kalau tubuh kita lelah, maka mata kita akan mudah mengantuk. Karena jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.

3. Kurangi mengkonsumsi minuman atau makanan yang menngandung cafeein

Banyak orang yang beranggapan minum teh atau coklat di malam hari itu mengasyikan karena suasana malam yang lumayan dingin dan tenang bahkan katanya supaya tidur kita menjadi nyeyak, tapi kenyataanya Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.

4. Tempat tidur untuk tidur bukan untuk yang lain

Maksudnya jangan bawa pekerjaan anda di tempat tidur. dan juga di anjurkan untuk tidak menonton televisi atau bermain komputer di tempat tidur karena Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.

5. Melakukan aktifitas yang santai sebelum tidur

Aktifitas tersebut misalnya membaca buku entah komik,novel atau buku yang lainya hal tersebut di maksudkan agar mata anda cepat mengantuk.

6. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang

Hal tersebut dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks lagi. Banyak yang terbantu untuk mengatasi insomnia dengan cara ini.

7. Atur tempat tidur senyaman mungkin

biasanya kalau kamar kita kotor, tempat tidur kita berdebu, sprei amburadul seperti kapal pecah itu semua bisa mengakibatkan anda sulit tidur. .jadi solusinya sebelum kita tidur kita Buat kamar kita senyaman mungkin agar tubuh kita rileks. matikan lampu sebelum tidur juga bisa membuat kita nyaman saat tidur.

8.Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati.   

Demikianlah sedikit penjelasan tentang masalah insomnia yang bisa saya bagikan untuk anda. Sekian saja dari saya, jikalau ada salah - salah kata dalam penulisan artikel ini saya mohon maaf. moga saja artikel yang sederhana ini bisa membantu anda dalam memecahkan masalah Insomnia tersebut.


Referensi : http://penyebabinsomnia.com/
                http://www.deherba.com/tips-tips-praktis-mengatasi-insomnia.html       .      

Ditulis Oleh : sofyan Hari: Senin, Januari 20, 2014 Kategori:

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Tentang Makna Kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar dan memberikan tanggapan kamu di posting ini. Kamu juga dapat berlangganan newsletter gratis kami untuk menerima semua posting "Tentang Makna Kata" secara langsung melalui e-mail.