Rabu, 22 Januari 2014

Penyebab Terjadinya Banjir dan Tindakan Kita Saat Terjadi Banjir


Musim hujan telah tiba , hati - hati bencana banjir. memang setiap tahun entah itu di kota ataupun di desa ada saja yang terkena musibah yang satu ini. Khususnya di ibu kota kita jakarta, bukan hanya terkenal macetnya jakarta adalah salah satu kota yang sering menjadi langganan banjir.   

Banjir adalah fenomena di mana tergenangya suatu wilayah atau daerah oleh air akibat cura hujan yang tinggi dan tidak diimbangi dengan daerah resapan air yang baik.  tentunya semua ini bisa menjadi PR bagi kita semua agar selalu peduli terhadap lingkungan karna banjir bisa menjadi bencana yang merusak lingkungan dan bahkan merenggut nyawa manusia. Oleh sebab itu penanganan terhadap penyebab banjir selalu menjadi hal yang serius. 

Penyebab banjir ada 2 faktor : 

Fakyor Alam 

Secara alamiah, hujan akan menyerap ke dalam tanah dan kemudian diikat oleh akar pepohonan dan dialirkan lagi melalui aliran air semacam sungai yang pada ahirnya bermuara lagi di lautan. Mengapa banjir sering dijumpai di pemukiman warga? Jawabannya sederhana, sebab tanah dikepung beton dan pohon absen melindungi kota. Hal ini menyebabkan air tergenang di daratan selama beberapa waktu.

Faktor Manusia

kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal membuang sampah. Secara umum sarana drainase di perkotaan sudah baik hanya saja banyak di antaranya yang mengalami alih fungsi sehingga tidak lagi bisa menahan laju banjir. Misalnya saja sungai. Di perkotaan, banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai sehingga berpotensi menyumbat aliran air.Bukan itu saja penebangan pohon di hutan dan pepohonan di kota pun juga sebab utama terjadinya banji.r 

Di indonesia sendiri sangat akrab sama yang namanya banjir, mungkin karena letak Indonesia pada daerah tropis yang memungkinkan curah hujan yang tinggi setiap tahunnya. Banjir di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

Banjir Bandang

Banjir bandang adalah banjir besar yang terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung hanya sesaat yang yang umumnya dihasilkan dari curah hujan berintensitas tinggi dengan durasi (jangka waktu) pendek yang menyebabkan debit sungai naik secara cepat. Banjir jenis ini biasa terjadi di daerah dengan sungai yang alirannya terhambat oleh sampah.

Banjir Hujan Ekstrim

Banjir ini biasanya terjadi hanya dalam waktu 6 jam sesudah hujan lebat mulai turun. Biasanya banjir ini ditandai dengan banyaknya awan yang menggumpal di angkasa serta kilat atau petir yang keras dan disertai dengan badai tropis atau cuaca dingin. Umumnya banjir ini akibat meluapnya air hujan yang sangat deras, khususnya bila tanah bantaran sungai rapuh dan tak mampu menahan cukup banyak air.

Banjir Luapan Sungai / Banjir Kiriman

Jenis banjir ini biasanya berlangsung dalam waktu lama dan sama sekali tidak ada tanda-tanda gangguan cuaca pada waktu banjir melanda dataran – sebab peristiwa alam yang memicunya telah terjadi berminggu-minggu sebelumnya. Jenis banjir ini terjadi setelah proses yang cukup lama. Datangnya banjir dapat mendadak. Banjir luapan sungai ini kebanyakan bersifat musiman atau tahunan dan bisa berlangsung selama berhari- hari atau berminggu-minggu tanpa berhenti. Banjir ini biasanya terjadi pada daerah-daerah lembah.

Banjir Pantai (ROB)

Banjir yang disebabkan angin puyuh laut atau taifun dan gelombang pasang air laut. Banjir ini terjadi karena air dari laut meresap ke daratan di dekat pantai dan mengalir ke daerah pemukiman atau karena pasang surut air laut. Banjir ini biasanya terjadi di daerah pemukiman yang dekat dengan pantai. Contoh daerah yang biasanya terkena ROB adalah Semarang.

Banjir Hulu

Banjir yang terjadi di wilayah sempit, kecepatan air tinggi, dan berlangsung cepat dan jumlah air sedikit. Banjir ini biasanya terjadi di pemukiman dekat hulu sungai. Terjadinya banjir ini biasanya karena tingginya debit air yang mengalir, sehingga alirannya sangat deras dan bisa berdampak destruktif.

Banjir adalah musibah yang tak ingin kita harapkan keberadanya. tapi kalau yamg namanya musibah bisa datang kepeda kita kapan saja. ada dari kita yang masih kebingungan ketika banjir datang. Kebanyakan mereka bingung karna tindakan apa yang seharusnya di lakukan ketika banjir datang? untuk menjawab kebingungan tadi nih mending baca tips berikut yang saya kutip dari sumber id.shvoong.com :

Tindakan Saat Terjadi Banjir

  1. Jangan panik.
  2. Pada saat terjadi bencana banjir, warga yang berada di daerah rawan bencana banjir diminta memantau perkembangan cuaca, bila hujan terus terjadi tidak henti-hentinya, diimbau waspada dan berhati- hati untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Pada saat dan setelah bencana terjadi, berbagai aktivitas kesehatan harus dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan para korban serta mencegah memburuknya derajat kesehatan masyarakat yang terkena bencana. Pada tahapan tanggap darurat, energi yang cukup besar biasanya dicurahkan untuk evakuasi korban.
  4. Ketika melihat air datang, Jauhi secepat mungkin daerah banjir. segera selamatkan diri dengan berlari secepat mungkin menuju tempat yang tinggi.
  5. Apabila kamu terjebak dalam rumah atau bangunan, raih benda yang bisa mengapung sebisanya.
  6. Dengarkan jika ada informasi darurat tentang banjir.
  7. Hati-hati dengan listrik. Matikan peralatan listrik/sumber listrik.
  8. Selamatkan barang-barang berharga dan dokumen penting sehingga tidak rusak atau hilang terbawa banjir.
  9. Pantau kondisi ketinggian air setiap saat sehingga bisa menjadi dasar untuk tindakan selanjutnya.
  10. Ikut mendirikan tenda pengungsian, pembuatan dapur umum.
  11. Terlibat dalam pendistribusian bantuan.
  12. Mengusulkan untuk mendirikan pos kesehatan.
  13. Menggunakan air bersih dengan efisien.
Semoga tips di atas bisa membantu anda dalam mengatasi masalah banjir , dan tentunya mari kita sama - sama selalu menjaga lingkungan ini. Kita harus sadar bahwa yang namanya banjir itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kita. sehingga kalau kita sadar akan hal itu tentunya kita akan senantiasa terus menjaga lingkungan ini, di mulai dengan hal-hal kecil misalkan dengan tidak membuang sampah di sungai. jika hal ini masi  saja kita lakukan, jangan harap musibah banjir ini akan cepat usai.Dan mungkin ada dari anda yang sekarang sedang tertimpa banjir, semoga banjir segera cepat surut. Dan semoga untuk kedepanya, negara yang kita cintai ini di jauhkan dari yang namanya banjir. Aamiin

Mungkin sekian saja dari saya,jika ada salah - salah kata dalam penulisan ini saya mohon maaf.  Wassalam..    


Referensi : http://solusibanjirindonesia.wordpress.com/2012/04/28/jenis-jenis-banjir/
                http://ekosistem-ekologi.blogspot.com/2013/04/memahami-pengertian-dan-penyebab-banjir.html
                
Sumber Gambar : nationalgeographic.co.id








    

Ditulis Oleh : sofyan Hari: Rabu, Januari 22, 2014 Kategori:

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Tentang Makna Kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar dan memberikan tanggapan kamu di posting ini. Kamu juga dapat berlangganan newsletter gratis kami untuk menerima semua posting "Tentang Makna Kata" secara langsung melalui e-mail.