Sabtu, 18 Januari 2014

Pesepakbola Muslim Yang Bermain Di Liga Elit Eropa


Sepakbola adalah olahragga terfavorit di dunia, Olahraga yang banyak di gemari kaum adam ini banyak ke anekaragamanya khususnya agama yang di anut pemainya, Walaupun bermain di eropa yang mayoritas beragama non muslim, tap banyak juga pesepakbola handal yang beragama islam atau seorang muslim. Siapa sajakah mereka???

1. Mesut Ozil


Pemain berkewarganegaraan jerman keturunan turki ini adalah seorang muslim sejati, biasanya sebelum pertandingan mantan penggawa madrid yang sekarang bermain bersama kub liga inggris arsenal ini selalu menyempatkan diri membaca Al Qur'an, bukan itu saja pemain andalan arsene wenger ini sering memanjatkan doa sebelum kick off di mulai.


2.  Samir Nasri


Pemain berumur 26 tahun ini yang sekarang bermain untuk klub manchester city adalah seorang muslim. Bagi pemain asal perancis keturunan al jazair, keimanan tidak perlu disembunyikan di tengah lapangan hijau. Setidaknya, dia membuktikan hal itu saat bermain di liga Inggris yang terkenal glamor.Kekasih petenis Tatiana Golovi juga tetap melaksanakan puasa di bulan Ramadhan meski harus berlaga di lapangan hijau selama 90 menit. Saking bangganya menjadi seorang muslim Saat Manchester City menjadi juara Liga primer Inggris 2011-2012, Nasri merayakan kemenangan dengan melafalkan kalimat Allahu Akbar dua kali dan mengucap syukur. "Kemenangan ini sangat spesial, Allahu Akbar. Terima kasih atas dukungan semua pihak. Tetap jaga keimanan, Allahu Akbar," kata Nasri dalam rekaman video wawancara dengan stasiun televisi Al Arabiya dan diunggah di situs Youtube.


3. Karim Benzema


Pemain yang bernama lengkap Karim Mostafa Benzema adalah seorang muslim yang taat.Ketaatan pemain asli perancis keturunan al jazair ini  terhadap ajaran agama Islam memang layak ditiru. Janji yang diucapkan pemain terbaik Ligue 1 Prancis pada 2008 itu selalu berusaha ditepatinya.Publik bola di Spanyol memuji kepribadiannya. Itu lantaran dia masuk dalam jajaran pesepakbola Muslim yang taat menjalankan agama. Biasanya Sebelum menjejakkan kakinya di lapangan, Benzema sering berhenti sebentar di tepi lapangan untuk berdoa. Dia juga sering merayakan gol dengan mengangkat tangan sembari matanya menatap ke atas sebagai wujud permohonan rasa syukur kepada Allah SWT. Bukan hanya itu saja Menurut kabar yang dilansir Le Butier, penyerang berusia 26 tahun itu memberikan sumbangan sebesar tiga juta Euro pada bulan Maret lalu untuk membantu pembangunan masjid di kota Lyon. Berita tentang aksi sosial Benzema memang tak terlalu ramai dibicarakan di media massa. Namun hasilnya sangat dirasakan warga muslim di Lyon. Benzema tergerak memberikan sumbangan setelah mendapat informasi dari salah seorang temannya tentang masjid yang membutuhkan dana enam juta Euro untuk proses pembangunan. Tanpa berpikir lama-lama, mantan striker Olympique Lyon itu kemudian langsung memberikan donasi setengah dari biaya yang dibutuhkan. Infomasi ini juga dibenarkan oleh Edin Osmanovic, warga Bosnia yang tinggal dan bekerja di Prancis.


4. Yaya Toure


Adik kandung dari kolo toure juga terkenal dengan keislamanya. Pemain asal pantai gading yang bernama lengkap Gnegneri Yaya toure pernah menolak menerima sebotol besar champagne saat pesta kemenangan di ruang ganti setelah pertandingan Man.city vs Newcastle United di saat pertandingan tersebut yaya tore mencetak 2 gol. "Maaf! Saya tidak minum alkohol. Saya Muslim," ujar Yaya Toure seraya menyerahkan botol besar champagne ke Joleon Lescott, rekannya. 
Saat masih di Barcelona, Yaya Toure adalah imam bagi dua rekannya; Eric Abidal dan Seydou Keita. Ketiganya selalu menyampatkan diri shalat berjamaah, dan Toure dianggap memiliki pengetahuan keagamaan yang lebih dibanding Abidal dan Keita. Ketika Yaya Toure memutuskan pindah ke Manchester City, Abidal dan Keyta menjadi orang yang paling kehilangan. Dalam salah satu kesempatan wawancara dengan salah satu radio, Abidal sempat mengatakan."Kami kehilangan imam."

5. Kolo Toure


Pemain yang bernama lengkap Kolo Habib Toure juga seorang muslim taat.  kolo Toure sudah menjalani Ramadan selama bertahun-tahun. Sungguh berat, tapi aku turut merasa jauh lebih kuat dari biasanya. Kondisi mentalku terdongkrak. Tentu saja tak mudah. Namun, tiada mustahil bila Anda percaya kepada Tuhan., " Ujar Kolo Toure. saat masih bermain di manchester city Toure tetap tidak melupakan anak-anak asuhnya, dengan mengedarai mobil, di sela-sela kesibukannya bermain membela Manchester City, ia tetap meluangkan waktu untuk membagi ilmunya, mengajarkan mereka membaca Al Qur'an. Sebuah kepedulian yang patut di contoh oleh setiap Muslim.


6. Nicolas Anelka


Pemain asli perancis ini adalah seorang mualaf. Bagi Anelka, Islam merupakan sumber kekuatan dan petunjuk dalam hidupnya. Di Manchester City, ia menemukan Islam dan menjadi seorang mualaf. Setelah itu, ia kembali menjulang bersama Chelsea dan meraih beberapa gelar bergengsi lainnya. “Saya memiliki karier yang sulit, saya kemudian memutuskan untuk menemukan kedamaian. Dan, akhirnya saya menemukan Islam,” ujarnya. Sebelumnya, Anelka sempat menyembunyikan identitas Islam kepada masyarakat. Tidak seperti rekannya di timnas Prancis, Franck Ribery yang selalu berdoa ketika pertandingan dimulai. Anelka hanya diam dan benar-benar menyembunyikan identitas Muslimnya.“Bagi saya, agama adalah masalah pribadi, tidak perlu diungkapkan kepada publik,” jelas Anelka. Menurut Anelka, Islam adalah cara hidup yang sesuai dengannya. Dari Chelsea, ia sempat bergabung dengan klub China, kemudian ke Juventus, dan sekarang ia kembali ke Liga Primer bersama West Bromwich Albion.  


7. Ibrahim Affelay


Adalah seorang pemain sepak bola kewarganegaraan Belanda yang beragama Islam. Keluarganya berasal dari Maroko. Ia sekarang memperkuat Schalke 04 dengan status pinjaman dari Barcelonaa. Pemain asal Belanda berusia 27 tahun ini di tahun 2006 pernah terpilih sebagai "Moslim van het jaar" atau Muslim Tauladan di Belanda. Usut punya usut, penghargaan ini tidak diberikan pada sembarang orang. Sejumlah ulama besar juga masuk dalam nominasi “Moslim van het jaar”. Mungkin Anda heran, mengapa malah seorang pesepakbola muda yang dipilih? Dalam situs wijblijvenhier.nl, disebutkan salah satu faktor yang membuat Affelay dipilih karena usianya yang masih muda. Diharapkan, Afellay mampu membangun citra muslim taat di kalangan remaja. Afellay juga berpendapat,  agama tetap nomor satu, bahkan melebihi sepak bola. Dengan berpegang teguh pada agama, ia berharap bisa mendapatkan hasil terbaik dalam kariernya.


8. Frank Ribery


Adalah pemain sepak bola internasional Prancis yang bermain untuk klub Jerman, Bayern Munich di Bundesliga dan tim nasional sepak bola Perancis. Ribery sendiri adalah seorang muslim. Bilal Franck Ribery telah berkata jujur  bahwa Islam telah menguatkannya , membuatnya menjadi pemain yang lebih bertanggung jawab dan menjadi pria yang mencintai keluarganya .” Agama adalah hal pribadi saya . Saya beriman dan karena itu saya masuk Islam , saya pikir , saya telah menjadi lebih kuat , saya menjadi lebih kuat secara mental dan fisik , ” kata Ribery kepada Buletin Dunia pada hari Sabtu, 26 Oktober.” Agama tidak mengubah kepribadian saya atau persepsi saya tentang dunia , ” tegasnya .Gelandang Bayern Munich itu  telah memeluk Islam pada tahun 2006 setelah menikahi seorang wanita Muslim asal Maroko .  Meskipun ia jarang berbicara tentang iman , Ribery baru-baru ini mengatakan kepada majalah Le Paris  bahwa ia merasa “tenang ” bersama dengan Islam . 


9. Demba Ba


Adalah pemain sepak bola kelahiran Perancis berkebangsaan Senegal yang bermain sebagai penyerang untuk klub Chelsea di Liga Utama Inggris dan tim nasional Senegal. Demba BA sendiri adalah seorang muslim yang taat. Demba Ba cukup dikenal karena tak segan-segan menunjukan identitas keislamannya pada berbagai kesempatan, termasuk selebrasi sujud syukur saat ia berhasil mencetak gol ke gawang lawan.Selain gemar melakukan selebrasi sujud syukur usai mencetak gol, ia juga berdoa menjelang pertandingan. Ketika ada rekannya yang mengalami nasib kurang beruntung, Ba tidak segan mendoakannya. Ba disebut-sebut acapkali bertugas menjadi imam dari para rekan-rekan setimnya tatkala menunaikan salat. Saat BA pindah ke chelsea Uang, menjadi alasan Demba Ba menerima pinangan Chelsea. Tapi, penyerang beragama Islam itu ternyata memiliki niat mulia dibalik motivasinya hijrah ke London. Ba menyatakan uang yang didapatkannya bukan untuk dihabiskan sendiri. "Saya akan bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Ayah saya hidup di Senegal dan ibu saya pulang ke Senegal lima bulan dalam satu tahun. Mereka berasal dari desa yang sama dan tahu bagaimana caranya bersedekah kepada yang membutuhkan," papar Ba. 


10. Hatem Ben Arfa



adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Perancis yang bermain untuk klub Newcastle United pada posisi gelandang sayap. PEmain berumur 26 tahun ini adalah seorang muslim yang taat. Di tengah kultur dan tradisi Eropa yang menganggap aneh ritual Islam, Ben Arfa malah tidak sungkan-sungkan menunjukkan keislamannya. “Saya percaya pada Tuhan (Allah SWT). Tapi saya tidak menunjukkannya,” kata winger berusia 25 tahun tersebut. Menurut pemain berkewarganegaraan Prancis itu, keberadaan Tuhan itu sangat dekat dengan makhluk-Nya, yang percaya terhadap kebesaran-Nya. “Ini adalah sesuatu dari hati, sesuatu yang intim antara aku dan diriku,” kata dia menjelaskan pengalaman spritualnya. Meski begitu, ia pernah meminta maaf dalam sebuah kesempatan lantaran masih belum menjadi Muslim yang taat. Ben Arfa menyebut dirinya sebagai golongan seorang Muslim yang masih ragu-ragu. Pasalnya, ia mengakui terkadang belum bisa menjalankan shalat lima waktu secara terus-menerus. “Saya tidak punya terlalu banyak waktu,” dia beralasan sembari terus meminta maaf dalam pengakuannya.

11. Erick Abidal 


Adalah seorang pemain sepak bola Perancis kelahiran Martinique. Saat ini ia bermain bermain di klub kaya baru asal perancis As Monaco. Eric Abidal adalah salah satu pesepak bola dunia yang beragama Islam. Sejatinya, dia adalah seorang mualaf. Sang bintang memeluk agama Islam baru enam tahun terakhir.Pertemuan dengan wanita yang kini menjadi istrinya telah mengantarkannya pada agama Allah SWT. Setelah menikah dengan Hayet Abidal, seorang perempuan asal Aljazair, Abidal memeluk agama Islam. Setelah mengucap dua kalimah syahadat, ia berganti nama menjadi Eric Bilal Abidal. Sejak saat itu, Abidal tidak pernah segan menunjukkan identitasnya sebagai seorang Muslim. Baik di klub maupun di tim nasional, ia selalu mempraktikkan ritual-ritual ibadah dan ajaran Islam di depan rekan-rekannya. Dalam video yang diunggah di laman Youtube, pemain yang dibandrol seharga 15 juta Euro ketika dibeli Barcelona dari Lyon itu tampak khusyuk melafalkan ayat-ayat suci sambil menggenggam sebuah mushaf. Dalam video berjudul ‘Eric Abidal Reading Holy Quran’ itu, Abidal juga tampak membawa seutas tasbih untuk berdzikir kepada Allah SWT.


12. Papis Demba Cisse


Adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Senegal yang bermain untuk klub Newcastle United pada posisi striker. saking cintnya kepada Islam Karena pertimbangan keyakinan dan pendapat pribadinya, Papiss Demba Cisse siap dikeluarkan atau tak diperpanjang kontraknya lagi oleh Newcastle United. Baru-baru ini, pemain muslim asal Senegal itu menolak memakai kaus Newcastle jika memakai logo sponsor perusahaan peminjaman uang, Wonga. Ia menilai perusahaan itu melakukan praktik riba atau rentenir.

13. Hamit Altintop


Adalah pesepak bola nasional Turki kelahiran Jerman yang bertinggi tubuh 183 cm. Dan ia adalah saudara kembar dari Halil Altintop.Pemain kelahiran 8 Desember 1982 ini adalah seorang Muslim. Dibesarkan oleh keluarga Muslim yang ketat terhadap ajaran Islam membuat Halil menjadi pribadi yang taat terhadap agama. Ketika memasuki Ramadhan, Hamit mengaku mendapat keistimewaan saat latihan dari pelatih Muenchen.  “Saya diberi kesempatan tidak terlalu berat berlatih saat berpuasa,” kata dia. Karena itu, ia tetap menjalankan ibadah puasa lantaran mampu melaksanakannya. 


14. Nuri Sahin


Adalah pemain sepak bola kelahiran Jerman berwarganegaraan Turki yang bermain sebagai gelandang untuk Borussia Dortmund dipinjam dari Real Madrid dan tim nasional sepak bola Turki. Sejak Mei 2011, dia juga memegang kewarganegaraan Jerman,tetapi tidak dapat membela tim nasional sepak bola Jerman karena telah membela Turki sebelumnya. Pemain Yang lahir pada tanggal 5 september 1988 adalah seorang muslim taat. Saat bermain di Bundesliga, Sahin sebenarnya sudah terbiasa menjalankan ibadah puasa. Dia sadar risiko bermain di Liga Eropa adalah kompetisi bakal bergulir di bulan Ramadhan. Karena itu Sahin tidak menjadikan alasan itu baginya untuk tidak berpuasa. Namun sebagaimana dilakukan beberapa pemain Muslim lainnya, Sahin tidak memungkiri kadang membatalkan puasanya kalau sedang menjalani latihan berat atau pertandingan di siang hari. “Saya lahir dari keluarga Muslim yang taat.” 

15. Sulley Ali Muntari


Adalah seorang pemain sepak bola asal Ghana yang bermain sebagai gelandang untuk A.C. Milan di Serie A dan tim nasional Ghana. Pemain yang lahir pada 27 agustus 1984 ini juga seorang muslim yang taat. Saat masih membela Inte Milan, Muntari tetap menjalankan ibadah puasa saat Serie A masih berlgulir. Sempat mendapat kritikan, namun dirinya sudah membuktikan dengan berpuasa ia lebih merasa kuat dan bermain cemerlang. Saat dia mencetak gol, tidak jarang ia selalu bersujud sebagai rasa syukurnya atas karunia Allah SWT. Selain itu, ia juga selalu membuat huruf ”C” saat berselebrasi. Ada yang menilai itu adalah inisial dari kekasihnya, namun banyak juga yang menganggap itu merupakan simbol bulan sabit yang merupakan simbol Islam.

16. Abou Diaby

Adalah pemain sepak bola profesional asal Perancis keturunan Pantai Gading yang bermain sebagai gelandang di Arsenal dan tim nasional Perancis. Tidak hanya lihai dalam mengolah ‘si kulit bundar’ dan memberikan umpan kepada rekan satu timnya dalam sepak bola, Diaby juga dikenal sebagai pemeluk Islam yang taat menjalankan ibadahnya sebagai seorang muslim. Mengagumkannya lagi, ternyata Diaby juga tercatat sebagai seorang hafidz alias penghafal al-Qur’an sebanyak 19 juz! .

17. Frederick Kanoute


Pada 2007 lalu, Frederick Kanoute secara tegas menolak mengenakan kostum Sevilla karena disponsori sebuah rumah judi. Tetapi Karena dipaksa oleh manajemen Sevilla dan tuntutan professionalismenya , Kanoute menyisati dengan menutup sponsor itu dengan lakban hitam. Frederick Kanoute juga dikenal sebagai pesepakbola yang ringan tangan. Kanoute pernah mengeluarkan uang dari saku pribadinya sebesar 700 ribu dolar AS (sekitar Rp 6,3 miliar) untuk menyelamatkan sebuah masjid di Kota Sevilla lantaran mau ditutup dan diubah fungsinya. Salah satu aksi pemain depan gaek asal Timnas Mali yang mengundang kontroversi adalah, ketika ia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Deportivo La Coruna di Copa del Rey. Kala itu, Kanoute menunjukkan kaus dalam yang bertuliskan ‘Palestina’ dalam huruf negara-negara dunia.

18. Adnan Januzaj


adalah pemain sepak bola kelahiran Belgia keturunan Kosovo-Albania,yang bermain untuk klub Manchester United. Ia berposisi sebagai winger. Lahir di Brussels, ia memulai kariernya bersama klub Belgia Anderlecht, tapi kemudian ia bergabung dengan Manchester United pada tahun 2011 saat berusia 16.Tentu saja ia melengakapi barisan pemain muslim yang bertebaran di liga-liga top eropa. Utamanya di English premier liega (EPL). Tahu tidak ia termasuk dalam tiga orang yang beragama Islam di skuad David moyes. Selain Adnan, ada juga Mame Biram Diouf (striker) dan Maroune fellaini (gelandang jangkar) yang beragama Islam. Kecuali Diouf, dua nama lainnya selalu menjadi pilihan utama David Moyes dalam mengisi skuad setan merah.

Sebenarnya masih banyak lagi pemain sepakbola muslim yang bermain di liga elit eropa. saya hanya memberikan beberapa info pemain saja untuk anda.. moga artikel ini dapat menambah wawasan anda... 





















Ditulis Oleh : sofyan Hari: Sabtu, Januari 18, 2014 Kategori:

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Tentang Makna Kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar dan memberikan tanggapan kamu di posting ini. Kamu juga dapat berlangganan newsletter gratis kami untuk menerima semua posting "Tentang Makna Kata" secara langsung melalui e-mail.