Kamis, 16 Januari 2014

Puisi Islami Terbaru 2014


Assalamualaikum , kali ini tentangmaknakata akan berbagi kepada anda kumpulan puisi islami terbaru 2014. mungkin,barangkali ada dari anda yang belum mengetahui pengertian dari puisi  atau bagaimana cara penulisan puisi, saya akan memberikan penjelasanya .Dan berikut penjelasanya :

Seperti saya kutip dari sumber wikipedia Puisi adalah  seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya.Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter dan rima adalah yang membedakan puisi dari prosa. Namun perbedaan ini masih diperdebatkan. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala 'keanehan' yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi. Ada beberapa perbedaan antarapuisi lama dan puisi baru.Namun beberapa kasus mengenai puisi modern atau puisi cyber belakangan ini makin memprihatinkan jika ditilik dari pokok dan kaidah puisi itu sendiri yaitu 'pemadatan kata'. Kebanyakan penyair aktif sekarang baik pemula ataupun bukan lebih mementingkan gaya bahasa dan bukan pada pokok puisi tersebut.Di dalam puisi juga biasa disisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Majas tersebut juga ada bemacam, salah satunya adalah sarkasme yaitu sindiran langsung dengan kasar.Di beberapa daerah di Indonesia puisi juga sering dinyanyikan dalam bentuk pantun. Mereka enggan atau tak mau untuk melihat kaidah awal puisi tersebut.

lewat penjelasan yang sedikit ini semoga anda sedikit sudah mengerti gambaran tentang puisi.dan di kesempatan ini saya akan berbagi kepada anda kumpulan puisi Islami. .


Kumpuan puisi islami ini di tujukan untuk kaum muslimin dan muslimah, biasanya puisi islami ini di bacakan pada saat acara keagamaan, sepaeti maulid nabi dan acara lainya yang berhubungan dengan acara keagamaan khususnya agama islam. Di bawah ini saya akan berbagi kepada anda tentang puisi islami.  

Dan berikut ini adalah sedikit  kumpulan puisi islami terbaru 2014 yang saya dapat dari beberapa sumber :  

AJARILAH AKU WAHAI SYAHID
                           
Ajarilah aku wahai Syahid
Ajarilah aku, bagaimana bisa mati Syahid
Ajari aku agar bias mati terpuji
Ajari aku, bagaimana aku harus patuh kepada Rabb-ku,
Meninggalkan dunia, nun jauh di sana
Ajari aku, bagaimana meninggalkan keluarga-ku
Dalam keadaan teguh dan sabar, seperti gunung yang kokoh
Ajari aku, bagaimana meninggalkan anak-anak ku
Dengan menunduk dan menata hidup baru
Kupasrahkan orang-orang yang ku cintai, kepada yang Maha Penyayang
Tidak ada yang menyantuni ayah ku, selain yang Maha Penyayang
Demi Rabb-mu, ajari dan katakan pada ku
Apakah kamu tidak pernah menginginkan kehidupan?
Beritahu aku kabar gembira itu, wahai kekasihku
Nikmat apa yang kau lihat pada orang yang mati Syahid?
Wajah mu adalah cahaya yang tidak menjemukkan pemandangnya,
Kata-katamu adalah kebenaran, dan telah ada buktinya
Diam mu adalah berpikir, kau tidak suka banyak bicara
Urusan mu adalah serius, dan jauh dari senda gurau
Bangunlah saudara ku, bulatkan tekad mu
Setelah itu, engkau tidak akan takut lagi!

ALLAHU’AKBAR,,!!!

Syair nya Orang-Orang Kuat
Bangun dan tinggalkanlah tidur panjang …
Sungguh Islam telah kembali …
Di jalan Alloh kita telah berjalan dan mengumandangkan jihad …
Kelompok orang mukmin telah bangkit …
Dengan para pemuda yang jujur …
Dalam malam-malam nestapa mereka berjalan …
Di belakang Al Qur’an yang nyata …
Mereka tidak peduli dengan berbagai kesusahan di antara taring-taring zaman …
Bangun dan tinggalkanlah tidur panjang …
Sungguh Islam telah kembali …
Di jalan Alloh kita telah berjalan dan mengumumkan jihad …
Sampaikanlah kabar gembira kepada manusia …
Dengan subuh yang terbit dengan terang …
Wahai malam-malam para pendholim …
Wahai kehinaan orang-orang yang bermain …
Wahai kesia-siaan selama bertahun-tahun …
Telah datang janji yang nyata …
Kami telah datang kepada kalian dengan membawa senapan dan qur’an yang nyata.

Puisi Bertanya Pada Allah

kusadar akan semua yang telah ku
lakukan,
ku tahu apa yang kulakukan hanyalah
dosa yang kudapat,
Tapi hati ini lebih bahagia melakukan
semua itu,
Dari pada mendekatkan diri padaMu.
Hati ini terasa enggan menuruti
perintahmu,
Ku lebih suka menuruti egoku,
Ku tahu Engkau Maha Penyanyang,
Ku tahu Engkau Maha Pengampun.3
Aku malu padaMu,…
masih pantaskah aku bersujud padaMu,
Meminta ampunan dan penerang
padaMu.
Masih sudikah Engkau menerima
seorang HambaMu yang Dzalim yang
kumuh,dan pendosa ini di SyurgaMu?

( Vendri chak pimpar )

PUISI MUHAMMADKU

oh…. Muhammadku
Kami umatmu akan merayakan kelahiranmu
Kelahiranmu sungguh berarti bagi kami
Kami ingin meminta jalan taubat padamu

Tolonglah maafkan atas semua kesalahan kami
Hanya kau lah pemimpin kaum kami
Kau lah cayaha islam
Kau lah penegak islam

Aku akan memperbaiki kesalahanku
Kesalahanku yang sebelumnya
Mulai saat ini

( islamsyah iqbal )

Puisi Senandung Suara Adzan

Dipublikasikan oleh Admin kategori puisi: Puisi Islami
Siapa berani memecah sunyi dan lantang menuturkan bisikan kanvas sanubari
Hati seakan terikat dan menusuk rongga nadi
Dan itulah kidung senandung suara Azan yang melagukan ungkapan jiwa.

Perilaku telingaku saksi bisu dan merasakan kehadirannya
Bagai danau tenang yang memantulkan cahaya bintang-bintang bergemerlapan
Air mataku menandai sendu
Bagai titik-titik embun syahdu membongkarkan rahasia setangkai anggrek yang telah layu
Menembus setiap jantungku seakan tertatih menyambut Azan yang kian merdu terdengar dan mendebarkan kalbu.

Dengarkanlah dan dengarkan
Rasakanlah dan rasakan
Senandung Azan melekatkan samudera jiwa tuk sejenak bercengkrama dengan Sang Khalik
Getar nada mana yang mampu menggoyahkan
Dan kidung suci itu menderu-deru menyatukan sukma seperti desah bayi yang nyenyak di buaian sang ibu.

( Dewi Anggraini )

Puisi Allah lebih tahu

Dipublikasikan oleh Admin kategori puisi: Puisi Hati, Puisi Islami
sejenak aku termenung
aku pun tak tau apa yang ada dalam benak ku
semua tercampur, bagaikan gado-gado
apa yang ku pikirkan, apa..?

aku pun mulai bertanya
siapa aku
untuk apa aku
kenapa ada aku..?

lalu siapa dia
yang terselip di sela hati ini
kurasa senang bahagia merasakan nya
siapa dia..?

ya robb
dia kch seharusnya ada di hati ku

aku mulai termenung lagi
dan ku berfikir
kenapa ada dia
dan kenapa ada aku

Sesungguhnya Allah lebih tahu.

( Rumaidi )

Mungkin segitu saja puisi islami yang bisa saya berikan , kurang dan lebihnya saya mohon maaf, semoga puisi islami ini bisa menginspirasi anda dan tentunya bermanfaat untuk anda, Amiinn

Wassalam.

Ditulis Oleh : sofyan Hari: Kamis, Januari 16, 2014 Kategori:

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Tentang Makna Kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar dan memberikan tanggapan kamu di posting ini. Kamu juga dapat berlangganan newsletter gratis kami untuk menerima semua posting "Tentang Makna Kata" secara langsung melalui e-mail.